Mengasah dan Mempertajam Indra? Ini yang perlu kamu lakukan Joo..

10988072-Cartoon-kids-illustrating-the-five-senses--Stock-Vector-coloring

Joo, hal yang sering dianggap biasa oleh kita nyatanya adalah hal yang semestinya kita syukuri setiap harinya, kebanyakan orang akan bersyukur saat mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan mengeluh saat merasa mereka tidak diperhatikan. Padahal Joo bukan dengan kebahagiaan kita harus selalu bersyukur, tapi dengan bersyukur kita akan bahagia ^^. Kemampuan kita melihat, mendengar, mencium, mengecap dan meraba adalah anugrah terindah yang Tuhan berikan pada kita.  Mulai dari indra pengelihatan, indra pendengaran, indra penciuman, indra peraba serta indra pengecap, dengan semua indra yang kita miliki kita dapat berinteraksi dengan keadaan sekitar kita dalam menjalani kehidupan kita.

Tapi kamu tahu gak sih Joo, menurut para ahli kita bisa loh mengasah indra kita, mempertajam organ-organ tubuh yang berfungsi sebagai indra agar dapat berfungsi dengan lebih baik atau bahkan berfungsi lebih luar biasa ^^ Ini dia fakta unik untuk mempertajam dan mengasah indra manusia .. Check this out Joo..

#INDRA PENCIUMAN

20366996-Beautiful-blond-little-girl-with-long-hair-smelling-flower-Stock-Photo

Indra yang kita gunakan untuk mencium sesuatu seperti wewangian atau bahkan sesuatu yang tidak enak baunya, kita lakukan dengan hidung kita, kalau kamu mau mempertajam indera penciuman kamu Joo, coba mulai melatihnya dengan mencium hal-hal yang ada disekitar kamu, bandingkan antara yang wanginya bikin nagi dan bikin mau muntah, contoh kamu bisa mulai mencium aroma bumbu-bumbu masakan atau bahkan hasil olahan masakan itu sendiri, mencium wangi pakaian, buah, garam, atau hal hal yang ada disekitar kamu. Kemudian lakukan dengan dengan menutup mata kamu Joo, dan lakukan sesering mungkin, Insya Allah Joo, kalau kamu rutin melakukannya indera penciuman kamu akan meningkat ketajamannya. Pernah nonton film “Parfume : The Story of a Murderer” disana diperlihatkan bagaimana indera penciuman adalah suatu kemampuan yang luar biasa.

#INDRA PENGELIHATAN

eyes-750x400

Nah udah tahu dong Joo kita melihat dengan apa? Yapss pinter, kita melihat dengan mata, atau ada juga sih yang bilang melihat dengan hati, tapi please Joo itu kan khiasan -_-“. Mata merupakan organ yang luar biasa harus kita syukuri, dengannya kita bisa melihat kehidupan ini jauh lebih indah dan berwarna #eaaa meski kalau lagi galau tetep berasa kelabu ya *eh.. Nah kalau kamu ingin mempertajam indera pengelihatan kamu Joo, kamu bisa melatihnya dengan cara memperhatikan hal hal dengan sedetail mungkin baik yang ada disekitar kamu, atau bahkan yang ada pada orang lain. Contoh mulai memperhatikan gerakan wajah, benda kecil, warna dari hal hal yang berukuran kecil, gerakan jari, kedipan mata, jarum jam atau hal-hal bergerak lainnya. Atau kamu bisa mulai dengan menonton televisi dengan mode suara yang dimatikan lalu perhatikan gerakan mulut dari tokoh-tokoh yang sedang berdialog. Yang paling utama adalah perhatikan objek-objek kecil yang selalu luput dari perhatian oarang lain (awas jangan cuma merhatiin si dia aja loh Joo*laaah)

#INDRA PENDENGARAN

happy-girl-listening-music-540x384

Kita mendengar dengan… ? Pinter, dengan telinga kita, coba deh kamu mendengar musik dengan menggunakan earphone atau headset lalu perhatikan setiap detail suara yang keluar dari semua instrumen yang ada pada musik yang kamu dengarkan, atau coba kamu tutup mata kamu lalu dengarkan baik-baik setiap suara yang ada disekitar kamu, analisis seberapa jauh dan seberapa dekat suara yang kamu dengar. Panning atau secara sederhana kamu melatih suara yang kamu dengar dengan membaginya antara yang kanan atau yang kiri, tutup salah satu telinga kamu dan lakukan secara bergantian. Memang gak bisa dalam waktu cepat, aduh Joo… didunia ini gak ada yang instan, mie instan pun perlu direbus dulu kalau kamu mau makan XD

#INDRA PERABA

2

Biasanya hal ini berkaitan dengan segala sesuatu yang kita sentuh, eits bedakan antara yang fiktif dan yang nyata, maksudnya “Menyentuh hati” kan gak beneran kita sentuh, hanya khiasan kata lagi ehehe oke oke serius, buat kamu yang ingin indera perabanya makin sensitif nih Joo (Hati kali sensitif, kalau gak beku itupun*eeh) Ini yang bisa kamu lakukan, mulai mengenal segala tekstur benda-benda disekitar kamu apakah halus, kasar, berbentuk persegi, segitiga, atau bentuk-bentuk lainnya. Setelah itu mulai lakukan dengan mata tertutup, peringatan yakinkan kalau kamu melakukan ini dengan orang yang bisa dipercaya, jangan-jangan kamu dijahili dengan memegang sesuatu yang menggenaskan *ups.  Becanda deh, apapun itu coba sentuh dan rasakan bagaimana tekstur dan bidang dari benda tersebut. Suhu juga bisa berpengaruh loh Joo, coba kamu bandingkan bagaimana yang bersuhu rendah dan yang bersuhu tinggi, tapi gak megang api juga, kebakar dong Joo ntar hangus, rasakan suhunya secara bergantian lalu ada saatnya kamu merasakannya bersama-sama, dan bandingkan keduanya.

#INDRA PENGECAP

chef-tasting-food-e1308027572930-300x300

Kalau yang satu ini sih makanan dan minuman medianya, dengan makanan dan minuman kamu bisa melatih indera pengecap kamu, mulai dari rasa manis, pedas, asin atau bahkan pahit (Kayak hidup Joo, rasanya nano-nano). Kamu bisa melatihnya bersama temanmu, lakukan dengan tutup mata jika kamu sudah yakin kamu bisa mengenal rasa dengan baik (Rasa yang dulu pernah ada atau rasa yang baru*eeeh ngawur lagi, oke oke serius) kamu bisa mengatur makanan secara acak lalu rasakan setiap detailnya, lalu analisis dari mana rasa itu berasal. Dalam kondisi mata tertutup akan jauh lebih baik, sejauh mana sensitifitas lidah kamu terhadap rasa.

Nah itu dia Joo, cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk melatih dan mempertajam indra yang kamu miliki.

 

Sumber : Kepoan.com

 

 

1361 Total Views 6 Views Today

You may also like...

3 Responses

  1. Kristen says:

    I love it whenever people get together and share ideas. Great
    site, keep it up!

  2. Lutfi Hadiono says:

    artikelnya sangat membantu min… semoga tambah bejjooo

  3. halim says:

    saya sangat suka dan senang dengan informasi yang sibejoo sampaikan.. sangat membantu sekali. tetap semangat ya sibejoo….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *