#SIBEJOO_PeduliGarut #SIBEJOO_PeduliSumedang

pamflet-1

Indonesia kembali berduka, pasalnya negeri ini tengah mendapatkan ujian kembali dengan adanya BANJIR BANDANG di GARUT (21/9/2016) dan LONGSOR di SUMEDANG (20/9/2016). Hujan berintensitas tinggi dan berdurasi panjang, ditambah tingginya tingkat kerentanan telah menyebabkan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Banjir bandang kembali menerjang daerah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut pada Rabu (21/9/2016) pukul 01.00 Wib. Meluapnya Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri secara cepat menyebabkan banjir bandang hingga ketinggian 1,5 – 2 meter. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Garut terdapat 8 orang tewas,  1 orang hilang, 4 orang luka berat, 26 orang luka ringan dan ratusan pengungsi.

Pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat. Ratusan pengungsi ditempatkan di kantor Korem. BPBD Provinsi Jawa Barat membantu penanganan darurat. Posko dan dapur umum telah didirikan. Bupati Garut menunjuk Dandim sebagai komandan tanggap darurat. Pendataan masih dilakukan.

Hujan deras sejak Selasa (20/9/2016) pukul 19.00 Wib menyebabkan debit Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri naik secara cepat. Pukul 20.00 Wib banjir setinggi lutut kemudian sekitar jam 23.00 Wib banjir setinggi 1,5 – 2 meter. Saat ini sebagian banjir sudah surut. Ini menunjukkan kondisi hulu DAS Cimanuk sudah rusak dan kritis.

Sementara itu, dalam waktu yang hampir bersamaan terjadi longsor di Desa Cimareme, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang Provinsi Jawa Barat pada Selasa (20/9/2016) pukul 22.00 Wib. Longsor menimbun 2 unit rumah tertimbun tanah longsor. 2 orang ditemukan tewas dan diduga 2 orang masih tertimbun longsor. Pencarian korban masih dilakukan.

Tim Reaksi Cepat BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Barat memberikan pendampingan penanganan darurat BPBD Garut dan BPBD Sumedang. Kebutuhan mendesak saat ini adalah dana siap pakai untuk operasional penanganan darurat. Beras dan permakanan diperlukan untuk penanganan pengungsi.

Masyarakat dihimbau untuk teruseningkatkan kewaspadaan dari ancaman banjir dan longsor. Hujan akan terus meningkat hingga puncaknya Januari 2017 mendatang. La Nina, dipole mode negatif dan hangatnya perairan laut di Indonesia menyebabkan hujan melimpah, lebih besar dari normalnya sehingga dapat memicu banjir dan longsor.

(Sumber : Pusat Data Informasi dan Humas BNPB yang beredar via medsos)

 

Tim SIBEJOO (YAYASAN PEDULI BERBAGI) divisi FILANTROPI tengah berada di lokasi kejadian (21/09/2016), menurut informasi yang tim peroleh melalui BASARNAS BANDUNG telah dievakuasi dan diidentifikasi di RS TNI AD Guntur Garut korban jiwa meninggal dunia sebanyak 19 orang sedangkan korban selamat yang saat ini sudah mendapatkan penanganan medis dari pihak RS Guntur sebanyak 37 orang. Beberapa korban ditemukan di tiga lokasi yang berbeda yaitu di Lapang Paris, Kp.Bjong Larang dan Kp.Cimacan, Wil Kec.Cibatu dan Kersamanah. Hingga saat ini (21/09) sebagian 14 orang korban meninggal sudah dibawa oleh pihak keluarga untuk dimakamkan.

Data kerugian secara materil masih belum bisa diperkirakan, terjadi  kerusakan bangunan rumah di Kecamatan Garut kota Tatogong, Banyuresmu, Cisurupan sebagai berikut :

  1. Rusak berat : 135 Unit
  2. Rusak sedang : 19 Unit
  3. Rusak ringan : 187 Unit
  4. Terendam : 451 Unit
  5. Hanyut: 194 Unit

 

Lokasi evakuasi korban banjir dan penanganan korban luka dan meninggal dunia sebagai berikut :

 

  1. RS Guntur Garut
  2. Aula makorem 062/Tn
  3. Madrasah Asyfa Kp.Kaum lebak Kel. Paminggir Kec.Grt kota
  4. Makodim 0611/Grt
  5. Kantor Kelurahan Paminggir

pamflet-2

 

SIBEJOO mengajak rekan rekan untuk turut andil mengambil bagian dalam membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah baik secara doa dan materil. Mari kita ulurkan kepedulian kita dengan aksi nyata berbagi untuk mereka, donasi anda untuk mereka bisa anda berikan melalui TIM SIBEJOO. Anda dapat menyalurkan kepedulian anda dengan cara :

  1. Bergabung bersama TIM SIBEJOO
  2. Mengirimkan donasi anda melalui no rek : 1320016485568 (Mandiri) a.n PEDULI BERBAGI
  3. Donasi anda dapat dikirimkan melalui kantor kami di Jalan Taman Ruby 6 Blok R-9 / No. 16, Komplek Permata Cimahi, Kabupaten Bandung Barat 40552
  4. Atau melalui jemput donasi dengan menghubungi TIM SIBEJOO (Telp Kantor : +622287805676)

 

Contact Person : 085 722 632 454 (Rika)

 

Salam Sesama, Sibejoo

WE CARE WE SHARE

 

632 Total Views 1 Views Today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *