TIPS MEMILIH JURUSAN : PASSION & ABILITY

Apa sih passion itu ? apa itu ability?? sejenis makhluk apakah mereka ?? sebelum jauh melangkah mari kita berkenalan dulu dengan ke dua sosok ini.

Passion secara harfiah adalah perasaan dan emosi yang kuat, dalam bahasa inggris diartikan combination of pleasure, meaning and emotion. Orang yang memiliki passion tidak akan mudah menyerah, akan terus berusaha untuk berjuang, tidak gampang putus asa dan berani mengambil resiko dalam menggapai impiannya.

Ability adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Ability merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Contoh orang yang memiliki kemampuan melukis akan lebih cepat mengerjakan pekerjaan lukisnya dibandingkan seseorang yang kurang memiliki kemampuan. Ability secara khusunya merupakan kemampuan yang berupa potensi khusus, artinya tidak semua orang memiliki misalnya dalam bidang seni, pemimpin, penceramah, olahraga.

Ringkasnya setiap orang memiliki ability tapi tidak semua ability ada passion di dalamnya. Nah pertanyaan selanjutnya apakah tiap orang punya passion? jawabannya tentu iya, passion akan muncul bila melakukan apapun sesuai ability kita. Yang pertama kita lakukan adalah mencari ability atau mengumpulkan ability karna dari sanalah passion kita akan muncul.

Bagaimana menemukan passion kita ? setidaknya lakukan hal berikut:
Perluas aktivitas. Misalkan, ikut kegiatan sosial, ikut seminar dan training, ikut pelatihan dan lain sebagainya.
Pelajari banyak keahlian baru. Yang utama adalah nikmati prosesnya sehingga kita bisa lebih peka dan kita bisa tahu apa sesungguhnya kekuatan kita yang paling dominan.
Bila kita sudah memulai sesuatu dengan ability kita maka passion kita akan muncul. Teruslah untuk tekun, kerja keras, disiplin, rajin, bertanggung jawab serta beretika. Hal tersebut merupakan Karakter Kinerja (Performance Character). Syarat agar kita bisa memperoleh hasil sesuai dengan yang kita inginkan.

Mengapa kita harus memilih jurusan yang tepat ? karena kuliah bukan waktu yang sebentar. Belum lagi biaya yang harus kita bayar dan yang lebih penting adalah waktu yang kita habiskan. Dalam memilih jurusan memang sebaiknya sesuai dengan passion dan ability karna bakat atau minat yang diasah hasilnya akan lebih baik tentunya dari sekedar asal memilih jurusan walaupun tak bisa dipungkiri, ada banyak orang tersesat di sebuah jurusan tapi justru menemukan dirinya disana. Tapi coba dikroscek ada berapa persen orang yang akhirnya seperti itu ??

Salah satu orang yang seperti itu, saya sendiri. Bisa dibilang saya salah pilih jurusan (ya memang karna saat itu saya belum tau apa passion dan ability saya dan alhasil saya ikut saran orang tua) tapi kenapa pada akhirnya saya bisa menemukan diri saya disana ?? Saya rasa bukan karna saya benar mengikhlaskan diri, tapi mungkin karna memang pada dasarnya saya punya kemampuan yang harusnya dimiliki seorang konselor atau pendidik. Sesuatu yang mungkin tidak saya sadari dari dulu, tapi ada juga orang yang pada akhirnya menerima kesalahan memilih jurusan itu karna berpikir tidak mungkin mundur atau mungkin tidak ada pilihan lain, tapi dalam hal kepuasan dan kebahagiaan dia tidak menemukan itu tapi orang dengan kriteria ini coba aja dicek kinerjanya, bagus kah?, memuaskan kah ?? Rata-rata orang dengan tipe seperti ini hanya sekedar bekerja, menyelesaikan kewajibannya tapi jarang melakukan maneuver-manuver dalam bidangnya. Itu akan sangat beda dengan orang yang memang bekerja sesuai dengan passionnya, maka dia akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik di bidangnya itu.
Itulah mengapa passion dan ability ini sangatlah penting atau paling tidak orang yang paham dengan passion dan ability akan paham terhadap apa yang diinginkan oleh dirinya

 

PS :

Jurusan Itu Bukan Harga Mati, Selama kita tetap fleksibel terhadap smua kemungkinan. Jika kita percaya bahwa terdapat kekuatan yang lebih besar, kita pasti sepakat bahwa tidak ada hal yang terjadi tanpa punya makna.
Apapun jurusanmu saat ini, kamu sedang dipersiapkan untuk mengambil sesuatu darinya yang akan bermanfaat bagi masa depanmu kelak.

Mungkin bukan dari pelajarannya secara langsung. Bisa jadi kesempatanmu akan datang dari temanmu, gurumu, dosenmu, atau dari organisasi yang sedang kamu ikuti. Intinya Jangan pernah merendahkan kesempatan yang datang ke hidupmu. Di jurusan apapun kamu sedang belajar saat ini, always bring your A Game every time.

Jangan galau karena salah memilih jurusan dan akan kuliah di jurusan yang dianggap kurang menjanjikan nantinya. Masa depan itu kamu sendiri yang menentukan kok. Kamu hanya perlu terbuka pada semua kemungkinan dan selalu membuka diri untuk mencoba hal baru..

 

Created by : Maya Masyita S, M.Pd

728 Total Views 3 Views Today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *